Saturday, February 29, 2020

BAGAIMANA SIH CARA AGAR LAPTOP TIDAK LAG???

Robi Jepara ID - Pernah merasa kesal atau jengkel ketika lagi mengerjakan tugas ataupun bermain game laptop terasa lag? Nah, pada kesempatan kali ini mimin akan menshare beberapa tips nih buat kalian yang ingin laptopnya lancar.

Dari segi HARDWARE yaitu:


Pertama: HDD atau Hard Disk Drive. Cobalah periksa kesehatan HDD laptop kalian, mungkin sudah terlalu tua  karena dapat mempengaruhi kinerja semua perangkat laptop. Untuk yang belum tau cara bongkar laptop disarankan jangan membongkarnya sendiri karena komponen-komponennya banyak yang sensitiv.

Kedua: RAM ataujuga Random Access Memory ini sangat berperan dalam processing aplikasi, tentu saja laptop lag juga ada karena faktor penyimpanan ram yang kecil biasanya Ram 2GB untuk rendering video tidak dianjurkan.

Dari segi habitual atau kebiasaan sehari-hari:


Siapa sih yang gak suka nyemil pada saat nonton film drama atupun adventure di laptop? hati-hati kebiasaan ini dapat membuat laptop terkena sisa-sisa makanan di tangan yang nempel di keyboard. Hal tersebut memang sepele tapi kalau lama-lama menumpuk itu akan membuat laptop keyboard akan error dan tidak bisa ditekan sekalipun. Laptop mimin sering sekali terjadi begitu karena kondisi banyak debu yang menempel. Jadi bersihkan dulu dan singkirkan makanan dari laptop ya teman.


Dari segi software laptop:


Software merupakan perangkat lunak aplikasi yang berada pada laptop. Tentunya kebanyakan aplikasi membuat penggunaan ram semakin banyak dan tentusaja hal tersebut dapat menjadikan lagging.

Bagaimana cara mengatasinya ???

Hapus  saja aplikasi yang sudah tidak digunakan di laptop agar RAM kembali lega dan membuat kinerja laptop semakin bertambah.


Kesimpulan:
(Jika tips diatas sudah dilakukan semua dan masih terasa lag itu tandanya umur laptop sudah tua dan ingin di upgrade ya)

Laptop lag bisa di benahi dengan cara upgrade HDD dan RAM. Meskipun hal tersebut harus ke service center terdekat karena kalau tidak biasa membongkar laptop akan dapat menyebabkan bootlop.
Mungkin cukup sekian pembahasannya, jika ada kritik dan saran boleh berkomentar dan jangan lupa juga bagikan post ini agar dapat bermanfaat.


EmoticonEmoticon