Monday, April 8, 2019

Cara Merawat Laptop Agar Tidak Cepat Rusak

Tags



Robi Jepara ID - Barang elektronik seringkali cepat rusak jika kita tidak tahu bagaimana merawatnya dengan baik. Kadangkala jika kita hanya ingin memakainya saja tanpa memperhatikan keadaan barang itu sendiri, yang ada hanya akan rusak dan  menjadi pemborosan. 


Sobat tau tidak, jika ada beberapa hal yang bisa kita perhatikan untuk meminimalisir barang elektronik agar tidak cepat rusak, terutama laptop? Ada 5 hal yang menyebabkan laptop kita menjadi rusak dan jika terus menerus dilakukan akan mengalami kerusakan total dan tidak bisa lagi digunakan. Berikut adalah hal-hal yang menjadikan laptop kita cepat rusak. 
 
1. Membawa Laptop di Ransel Disaat Berlari 

Travel the world with your Crossbody Laptop Bag   www.sfbags.com/products/bolt-crossbody-laptop-bag 
 
Sobat pasti tiap kali membawa laptop adakalanya dibawa di ransel pribadi atau bawaan dari laptop itu sendiri. Tidak ada masalah jika kita membawanya dengan berjalan, namun akan sangat tidak baik untuk laptop itu sendiri jika kita membawanya dengan berlari. Kedengarannya tidak begitu masalah bukan ? namun jika itu terus dilakukan akan menyebabkan kerusakan fatal pada laptop. Ketika kita berlari laptop yang ada di punggung kita akan membentur punggung berkali-kali, dan hasilnya akan merusak layar dan mesin laptop. Sangat disayangkan bukan jika kita melakukan itu terus menerus dan bukan menjaga laptop itu sendiri, malah membuatnya rusak. 

2. Meletakkan Buku Besar atau Peralatan diatas Laptop.

  
 
Ketika kita sedang asik mengerjakan tugas kuliah atau sekolah, dan merasa capek dengan buku-buku yang kita baca, pasti yang kita lakukan adalah istirahat. Namun, terkadang kita lupa jika buku-buku yang telah dibaca, kita letakkan diatas laptop. Walaupun  terdengar sepele, namun jika kita melakukannya denga intensitas sering dan buku yang kita letakkan diatas laptop itu terlalu lama, layar laptop kita akan rusak lambat laun. Bukan hanya buku-buku saja, biasanya kita tanpa sengaja meletakkan barang-barang kecil diatas laptop sehingga yang demikian membuat layar laptop tidak kuat menahan beban barang yang ada diatasnya, akibatnya layar laptop menjadi rusak.

3. Membawa Laptop Menggunakan Layar

Hasil gambar untuk people bringing laptop 
 
Jika sobat sering membwa laptop dalam keadaan tertutup dan memegang pad abagian bawah, pastinya itu bukan menjadi masalah besar. Namnun, jika kita membwa laptop tapi memegannya bukan pada body laptop, melaikan pada layar laptop, hal ini yang patut kita hindari. Pasalnya jika kita sering  malakukan ini, layar akan rusak ddan berdampak pada engsel laptop yang menghubungkan layar dengan body laptop. 

4. Meletakkan Laptop Pada Kasur atau Benda Tidak Datar.
MARIEWOLLA I ASUS ZenBook UX305 
 
Laptop juga memiliki aliran udara yang keluar pada bagian bawah, jika kita meletakannya pada alas yang tidak datar, aliran udara yang keluar pada laptop akan terhambat dan membuatnya   rusak. Jika kita mau meletakkan laptop, pastikan sobat meletakkannya pada alas yang datar, sehingga aliran udara yang keluar tidak akan terganggu. 

5. Menutup Layar Laptop dalam Keadaan Hidup
Hasil gambar untuk people bringing laptop 
 
Sobat tau jika kita menutup laptop dalam keadaan hidup menyebabkan laptop cepat rusak ? Jika sobat sering melakukkan ini, lebih baik dihindari mulai dari sekarang. Laptop akan cepat rusak karena mesin yang ada pada laptop akan terus bekerja tanpa dimatikan terlebih dahulu, walaupun dalam keadaan layar tertutup. Lebih baik sobat sleep mode laptop sehingga tidak membuat laptop bekerja terus menerus.

Demikian hal-hal yang membuat laptop cepat rusak, jika sobat sering melakukan hal-hal diatas, alangkah baiknya jika dihentikan. Tidak hanya boros uang namun akan menjadikan lingkungan tercemar dengan adanya barang elektronik yang sudah rusak. Semoga bermanfaat.


EmoticonEmoticon