Saturday, December 20, 2014

Perkembangan Sejarah Internet Di Dunia

Tags

Robi Ladosa BLOGGER

Perkembangan Sejarah Internet Di Dunia

Perkembangan Sejarah Internet Di Dunia

Assalamualaikum Warohmatullahi Wabarokatuh Ya Salam Dulu Lah Sebagai Orang Islam. Dan Harus Wajib Jawab Salam Lho Hehe. Di Postingan Saya Kali Ini Sob. Saya Akan Memperjelas Perkembangan Sejarah Internet Di Dunia. Semoga Menambah Ilmu Pengetahuan Sobat Yang Sudah Mengirti Perhatikan Saja Ya.

Perkembangan Internet Secara Global
Pada tahun 1969 Advanced Research Project Agency (ARPA) Milik departemen Amerika membuat sebuah jaringan Komputer yang disebut ARPANET untuk keperluan penelitian. Inilah cikal bakal adanya Internet di kemudian hari Sobat RLBlogger. ARPANET kemudian dikembangkan di dunia perguruan tinggi yang dumulai oleh University of California, Stanford Research Institute dan University of Utah. Sejak saat itu penggunaan Internet Meluas. Meski hanya kalangan yang terbatas.

Tujuan awal di bangun jaringan komputer adalah Untuk keperluan Militer. Pada Saat Itu Departemen Amerika Serikat (US Departement of Defense) Membuat sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi masalah bila terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang dapat mudah di hancurkan. Udah sedikit tahu kan sobat RLBlogger Lanjut penjelasan Lagi!!!

Tahun 1972, Roy Tomlinson berhasil menyempurnakan program email yang ia ciptakan setahun sebelumnya untuk ARPANET. Program e-mail ini sangat mudah sehingga langsung populer. Pada tahun yang sama Icon @ diperkenalkan sebagai lambang penting yang menunjukkan at atau pada.

Tahun 1973, Jaringan Komputer Yang Disebut ARPANET Mulai diperkembangkan ke Luar Amerika Serikat. Dan Komputer University College di London merupakan komputer pertama yang ada di Luar Amerika. Yang Menjadi Anggota Jaringan ARPANET. Nah Sudah Sedikit Mengrrti Sobat RLBlogger

Tahun 1979, Tom Truscott, Jim Ellis dan Steve Bellovin, Menciptakan Newsgroups pertama yang di beri nama USENET. Sayangnya Tidak Ada Orang Indonesia Ya Sob Yang Ikut Mengembangkan INTERNET

Tahun 1989 dimulai mengembangkan sebuah protokol dan di bentuk Transmission Control Protocol atau yang disebut TCP dan Internet Protocol yang disebut IP. Oleh sebuah kelompok yang dipimpin oleh Vinton Cerf dari Stanford dan Bob Kahn dari DARPA (Defance Advenced Research Project Agency). Protokol untuk memungkinkan dua jaringan komputer tersebut dapat berkomunikasi satu sama lain. Tentunya Sobat Tahu Kan Protokol Itu Apa.

Tahun 1986 Internet kemudian dipergunakan secera terbuka untuk umum. Sejak saat itu internet penggunaan internet berkembang dengan cepat ke seluruh dunia.

Tahun 1988 Jarko Oikarinen dari Finlandia menemukan dan sekaligus memperkenalkan IRC udah tahu kepanjangan IRC Sobat RLBlogger? Internet Relay Chat.

Tahun 1990 Tim Berners Lee menemukan program editor dan browser yang bisa menjelajah antara satu komputer dengan yang lainnya yang membentuk jaringan tersebut. Program inilah yang disebut WWW (World Wibe Web).

Tahun 1994 Jerry, Mendirikan Yahoo!. Yang juga terlahirnya Netscape Navigator.

Cuma Itu Yang Saya Fahamin Dari Sejarah Internet Di Dunia Semoga Artikel Saya Ini Bermanfaat. Jangan Lupa Ikuti RLBlogger ya. Terimakasih. Ini Sobat RLBlogger Penjelasan Tentang Intranet Mudah Di Mengerti Baca Saja Sob Yang Belum Tahu Apa Itu Pengertian Intranet. YANG Sudah Tahu Ya Silahkan Baca Baca Lagi hehe. Menambah Ilmu Lebih Baik Dari pada menambah dosa. 

22 comments

Materinya udah bagus, tinggal lengkapi dengan sumber referensi yang jelas biar hak cipta orang tidak dirugikan.

Semangat menulis.

Wah jadi seperti itu yah gan, btw mampir ke blog yah http://alan-dot.blogspot.com/

Info begini jarang- jarang dibahas di internet. Jadi sangat menambah wawasan. Thank's infonya.

Tampilan Blognya dah Bagus, tapi Artikel nya menurut saya sih banyak yang kurang dan perlu diperbaiki lagi. Blog nya juga kurang fokus, hehe.. itu aja dari saya. ^_^

Blog ini baru ganti template dan tahap perbaikan hehe

ijin nyimak gan bisa buat referensi tambahan nih hehehehe

wih keren gan , lama2 makin canggih nih internet, bntar lagi pasti ada cukur online :v

kayaknya ada di buku LKS ane waku jaman smp

keren gan blognya :D jangan lupa komentar back


EmoticonEmoticon